Selasa, Februari 17, 2009

Keputusan Penting


I WILL FOLLOW HIM
LUKAS 9:57-62

Peradaban manusia bergerak dinamis maju berkat meningkatnya kemampuan manusia. Perubahan terus terjadi di seluruh dimensi hidup manusia, mulai dari aspek yang paling sederhana dan riil sampai dengan yang paling rumit dan abstrak. Misalnya saja dalam hal berpakaian, berperilaku dan beridealisme. Selalu saja ada konsep tertentu yang menjadi frame/pola suatu mode yang diikuti oleh orang lainnya; demikianlah manusia menjadi peniru dari manusia lainnya.
Sebuah tawaran diajukan saat ini sebagai ajakan bagi anda untuk menjadi pengikut Kristus. Menjadi pengikut Kristus berarti menempatkan Kristus sebagai frame/pola/model dalam seluruh dimensi hidup. Menjadi pengikut Kristus merupakan sebuah keputusan yang didalamnya berdiri kokoh komitmen untuk terus menerus menjadi serupa dengan-Nya. Menjadi pengikut Kristus harus terus dikerjakan dalam hidup melewati kondisi yang tidak memungkinkan sekalipun. Seharusnya tidak ada kata “mundur” ketika keputusan sudah diambil. Sedemikian pentingnya menjadi pengikut Kristus, sehingga saat ini anda di tantang pada sebuah keputusan yang dalam kesadaran berkata: I WILL FOLLOW HIM …’TILL THE END.

Mengapa saya harus menjadi pengikut Kristus?
Mari temukan jawabannya dalam Efesus 2:1-10.
Alkitab menjelaskan bahwa hanya dua pilihan di seantero jagad ini, yaitu menjadi pengikut Dunia/Antikristus atau menjadi pengikut Kristus. Anda tidak dapat memilih kedua-duanya, juga tidak dapat mengambil pilihan untuk tidak memilih (abstain). Perhatikan bagan berikut:
Manusia

Pengikut Dunia/Antikristus
Dikendalikan Penguasa Angkasa
Hidup dalam Hawa Nafsu
Menuruti Kehendak Daging
Pikiran Jahat
Hasilnya:
MATI SIA-SIA/DIMURKAI ALLAH

Pengikut Kristus:
Dikendalikan Anugerah Allah
Memperoleh Kelimpahan Kasih-Nya
Hidup Karena Kristus
Diselamatkan oleh Iman
Hasilnya:
MELAKUKAN PEKERJAAN BAIK

Jawablah pertanyaan berikut dengan seksama:
1. Dimanakah posisi saya selama ini?
……………………………………………………………………………………………………………………………...
2. Daftarkanlah bukti-buktinya!
……………………………………………………………………………………………………………………………...
3. Bagaimana seharusnya saya hidup?
……………………………………………………………………………………………………………………………...
4. Buatlah komitmen sederhana!
……………………………………………………………………………………………………………………………...

Apa Artinya menjadi Pengikut Kristus?
Mari renungkan diskusi antara Tuhan Yesus dengan para “calon” pengikutnya yang ada dalam Lukas 9:57-62. Isilah pertanyaan berikut ini:
1. Sudahkah saya merespon ajakan Tuhan? Kapan? Jika belum, mengapa?
……………………………………………………………………………………………………………………………...
2. Prinsip-prinsip apa saja yang dapat saya praktekan?
……………………………………………………………………………………………………………………………...
3. Siapkah saya melakukannya? Jelaskan!
……………………………………………………………………………………………………………………………...
Bagian ini mengajarkan anda untuk memiliki:
1. Penyangkalan Diri (ayat 58)
2. Penyerahan Diri (ayat 60)
3. Prioritas Hidup (ayat 62)

Tantangan menjadi Pengikut Kristus.
Dunia/setan tidak akan pernah senang apabila anda menjadi pengikut Kristus. Apabila anda mengambil keputusan menjadi pengikut Kristus, maka bersiaplah untuk sebuah konfrontasi langsung dengan si jahat. Pelajari beberapa strategi dan senjata ampuhnya berikut ini:
1. Tipuan Dunia (Yoh. 8:44)
2. Persahabatan dengan dunia (Yak. 4:4)
3. Mimpi-mimpi dunia (Yudas 8)
Setelah itu, jawablah pertanyaan berikut dengan jujur!
1. Pernakah saya mengalaminya? ……………………………………………………………………………………….
Sebutkan dan Jelaskan! ………………………………………………………………………………………………
2. Pernakah saya dapat mengatasinya? ………………………………………………………………………………..
Jika Ya, Bagaimana caranya? …………………………………………………………………………………………
Jika Tidak, Kenapa saya gagal? ……………………………………………………………………………………...
3. Buatlah komitmen sederhana! …………………………………………………………………………………………
Sekarang!!! Pikirkanlah ini baik-baik!!!
Apa yang harus saya lakukan setelah menjadi pengikut Kristus?
1. Mengubah Pola Pikir (Rom. 12:2)
2. Mengisi Hidup dengan Kasih (Rom. 12:9)
3. Menguasai Diri sedemikian rupa (1 Kor. 9:27)
4. Mengubah kelemahan menjadi kekuatan (Flp. 3:13)
5. Mengisi hidup dengan realita Mujizat Allah (2 Kor. 5:7)

Untuk membantu anda berjalan secara maksimal menjadi pengikut Kristus, jawablah pertanyaan berikut dengan keterbukaan kepada Tuhan yang sanggup mengubah arah perjalanan hidupmu.
1. Kapan terakhir kalinya saya melakukannya?
……………………………………………………………………………………………………………………………...
2. Kapan saya gagal melakukannya? ……………………………………………………………………………………
Jelaskan! …………………………………………………………………………………………………………………
3. Jika ada orang yang dapat menolong saya dari kegagalan, apakah yang dapat ia perbuat? ………………….
……………………………………………………………………………………………………………………………...
4. Buatlah komitmen sederhana! …………………………………………………………………………………………

Selamat manikmati keberhargaan Anda di Persekutuan Pengikut Kristus;
Bacalah undangan-Nya sekarang:

Lihat, Aku berdiri di muka pintu dan mengetok;
jikalau ada orang yang mendengar suara-Ku dan membukakan pintu,
Aku akan masuk mendapatkannya dan Aku makan bersama-sama dengan dia, dan ia bersama-sama dengan Aku. (Wahyu 3:20)

TUHAN MEMBERKATI KEPUTUSAN ANDA HARI INI.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar