Kamis, Maret 19, 2009

The Church in Dispensatiolism


Hakekat substansi gereja merupakan bagian petunjuk penting yang membedakan antara dispensation dan pemahaman doktrinal lain. Bukan saja karena dispensational memiliki pengajaran yang konsen pada konsep tentang gereja yang berkontraversi dengan yang lainnya, tetapi juga karena percabangan ilmu ini membuat bangkitnya pertentangan.
Perbedaaan doktrin gereja yang mendasari dalam kesatuan hubungan terhadap hidup Kristen dalam tubuh Kristus yang menjadi Kepada (Ef.1:22-23, Kol. 1:18, 1 Kor. 12:27). Perbedaannya disebabkan oleh tubuh keyahudian dan non Yahudi, terlebih disebabkan oleh hubungan baru yang tercipta dengan Kristus, yang memasukannya dalam konsep umat Allah seperti dalam Perjanjian Lama.
Penyatuan konsep ini merupakan misteri yang besar seperti yang dinyatakan dalam pernyataan bahwa orang-orang bukan Yahudi, karena Berita Injil, turut menjadi ahli-ahli waris dan anggota-anggota tubuh dan peserta dalam janji yang diberikan dalam Kristus Yesus. Disebut misteri karena pada zaman angkatan-angkatan dahulu tidak diberitakan kepada anak-anak manusia, tetapi yang sekarang dinyatakan di dalam Roh kepada rasul-rasul dan nabi-nabi-Nya yang kudus.
Dalam pemahaman Paulus, penyatuan tersebut terjadi karena Allah yang kaya dengan rahmat, oleh karena kasih-Nya yang besar, yang dilimpahkan-Nya kepada kita, telah menghidupkan kita bersama-sama dengan Kristus, sekalipun kita telah mati oleh kesalahan-kesalahan kita--oleh kasih karunia kamu diselamatkan--dan di dalam Kristus Yesus Ia telah membangkitkan kita juga dan memberikan tempat bersama-sama dengan Dia di sorga.
Aspek lain yang membedakan karakter antara gereja dan tubuh Kristus, yaitu berdiamnya Kristrus dalam diri orang percaya non Yahudi yang telah diangkat menjadi umatNya. Seperti yang dinyatakan dalam rahasia yang tersembunyi dari abad ke abad dan dari turunan ke turunan, tetapi yang sekarang dinyatakan kepada orang-orang kudus-Nya. Kepada mereka Allah mau memberitahukan, betapa kaya dan mulianya rahasia itu di antara bangsa-bangsa lain, yaitu: Kristus ada di tengah-tengah kamu, Kristus yang adalah pengharapan akan kemuliaan.
Lebih lanjut, substansi Israel dibedakan secara jelas dalam Perjanjian Baru. Paulus menulis: Janganlah kamu menimbulkan syak dalam hati orang, baik orang Yahudi atau orang Yunani, maupun Jemaat Allah (1 Kor. 10:32). Jika orang-orang Yahudi sama dengan kelompok gereja atau orang-orang bukan Yahudi, maka rasul Paulus tidak akan memberikan perbedaan dalam tulisannya.
Pada masa kini, orang-orang percaya Yahudi dan orang-orang percaya yang bukan Yahudi telah disatukan dalam satu kesatuan tubuh Kristus. Tubuh Kristus menjadi karakter dari gereja secara keseluruhan. Pada dasarnya dispensational memberikan perbedaan antara gereja dan Israel, tetapi juga gereja bukanlah bentuk yang baru dari spiritual Israel.


Kosakata
Creation, penciptaan-tindakan Allah yang dilakukan dalam kebebasan sempurna, membuat adadari ketiadaan dan terus-menerus menjaga semua yang ada tetap ada.
Redeemer, penebus-gelar yang diberikan kepada Yesus yang telah membebaskan kita dari dosa dan kejahatan melalui penjelmaan, hidup, wafat, kebangkitan dan pengutusan Roh Kudus yang dilakukanNya. Dalam penggunaan biasa gelar ini mempuyai arti yang sama dengan penyelamat, meskipun latar belakang atau asal-usul katanya berbeda.
Forgiveness of sins, pengampunan dosa-salah satu pokok kepercayaan Yahudi-Kristiani tentang belas kasihan Allah pada manusia. Yesus mengampuni dosa yang mengakibatkan manusia memiliki posisi baru.
Adoption, pengangkatan sebagai anak-cara yang dipakai Paulus untuk mengungkapkan hubungan yang baru antara Allah dan orang-orang yang telah ditebus dalam Kristus. Orang-orang beriman dinyatakan benar karena telah diangkat sebagai anak oleh Allah.
Foreknowledge, pengetahuan ilahi-pengetahuan Allah mengenai segala peristiwa yang akan datang.
Last judgment, penghakiman terakhir-keyahinan bahwa Kristus akan datang lagi pada akhir zaman untuk menghakimi orang yang hidup dan yang mati, para nabi Perjanjian Lama mewartakan hari Tuhan yang akan datang, yakni ketika saat ketika kehendak Allah dinyatakan.
Providence, penyelengaraan Ilahi-tuntunan Allah yang maha bijaksana dan mahacinta yang mengatur alam, sejarah, dan jalan hidup setiap manusia. Ajaran kristiani mengenai penyelengaraan ilahi memberikan tempat kepada baik kebebasan manusia maupun rahasia cara-cara Allah.
Christ event, peristiwa Kristus-istilah yang dipakai untuk menyebut kedatangan Kristus sebagai peristiwa dalam sejarah penyelamatan yang menentukan.
Covenant, perjanjian-ikatan antara Allah dengan seluruh umat manusia, yang diwakili oleh Nuh dan Abraham serta keturunannya.
New testament, perjanjian baru-ke-27 tulisan dalam kitab suci sesudah 39 tulisan perjanjian lama, yang sebagian besar diterima juga oleh orang-orang Yahudi.
Old testament, perjanjian lama-tulisan-tulisan suci yang diterima oleh orang-orang Yahudi dan Kristiani sebagai yang diilhami dan termasuk dalam kanon.
Election, pilihan-tindakan Allah yang bebas memilih pribadi atau kelompok-kelompok tertentu. Dalam Perjanjian Lama, Israel sangat menyadari dirinya sebagai umat pilihan Allah. Suatu komunitas baru orang-orang yang beriman terhimpun karena pilihan Kristus.
Grace, anugerah atau pertolongan yang diberikan oleh Allah kepada kita tanpa jasa kita. Rahmat yang utama adalah anugerah penyelamatan oleh Kristus karena iman.
Apostle, rasul-secara harfiah berarti utusan. Dalam arti lebih sempit rasul adalah kedua belas murid yang dipilih oleh Kristus, yang menjadi saksi atas karya, wafat, dan kebangkitanNya.
Scandal, sandungan-tindakan atau kata-kata yang menggoda orang untuk melakukan dosa. Kristus memberi peringatan agar tidak menjadi sandungan bagi orang lain atau membiarkan diri tersandung.
Passion, sengsara-dalam pengertian kristiani, sengsara dikaitkan dengan penderitaan dan penyaliban Yesus demi keselamatan kita.
Infinity, tidak terbatas-dalam arti sempit hanya Allah yang sepenuhnya dan seutuhnya tidak terbatas oleh waktu dan tempat dan mengatasi semua makluk ciptaan.
Body of Christ, tubuh Kristus-istilah yang dipakai untuk tubuh manusiawi Yesus, Kristus yang bangkit, gereja yang terdiri dari orang-orang yang dipersatukan denganNya.
Church, gereja-komunitas yang didirikan oleh Yesus Kristus dan diurapi oleh Roh Kudus sebagai tanda terakhir kehendak Allah untuk menyelamatkan seluruh umat manusia.
Gospel, injil-warta kerajaan Allah yang sudah dekat dan bahwa Yesus dinyatakan sebagai putra Allah dan Tuhan karena kebangkitanNya dari kematian.
Nature, kodrat-seluruh jagad raya yang baik karena diciptakan oleh Allah, atau sesuatu yang berkembang dan berjalan dengan ciri-ciri dasariah.
Christology, Kristologi-study teologis atas diri Yesus, yang secara sistematis menyelidiki siapakah Dia dalam diriNya sendiri dan artinya bagi orang-orang yang percaya kepadaNya.
Jew, Yahudi-keturunan orang-orang Ibrani dan atau yang memeluk Yudaisme. Menurut hukum yang dimaklumkan pada tahun 1962 oleh Israel, seorang Yahudi adalah orang yang lahir dari ibu Yahudi atau yang memeluk Yudaisme.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar